Tentang Motivasi Diri


Dengan sengaja saya kumpulkan kata-kata bijak hasil pembelajaran dari berbagai sumber. Mungkin anda tertarik untuk sekedar membaca atau merenungkannya. Silahkan!!!!


Tentang Motivasi Diri

“Indahnya hidup adalah bukan seberapa banyak orang mengenalmu, tetapi seberapa banyak orang bisa bahagia karena sudah mengenalmu”

“Sebuah misi,konsep, atau tujuan tinggi mugkin penting buat anda, tapi lebih penting apakah tujuan itu akan membuat anda bahagia”

“Banyak manusia yang kesulitan mencari kebahagiaan, padahal kebahagiaan adalah sangat sederhana, yaitu menerima dengan ikhlas semua hal yang di terimanya dan berbuat dengan ikhlas apa yang mesti dilakukannya”

“Sikap ikhlas bukan berarti orang yang pasif dan pasrah pada segala hal, tapi bentuk ketegaran hati yang di bentuk oleh kejujuran pada diri sendiri”

“Tuhan telah memberi kita banyak ikan, maka kita tinggal memiliki kail yang bagus dengan umpan yang sebaik-baiknya agar ikan yang kita pancing benar-benar merupakan ikan-ikan yang kita inginkan, dapat bermanfaat bagi diri kita dan orang lain"

”Banyak diantara kita merasa kesulitan untuk mencari kebahagiaan, padahal kebahagiaan itu sangatlah sederhana, yaitu menerima dengan ikhlas semua hal yang sudah kita terima dan berbuat dengan ikhlas apa yang semestinya kita lakukan. Dan ikhlas itu bukan berarti bersikap pasif dan pasrah pada segala hal, tapi wujud dari …ketegaran hati yang dibentuk oleh kejujuran pada diri sendiri”

“Suatu pekerjaan akan bernilai lebih jika itu menjadi kebanggaan bagi kita. Sekecil apapun peran dalam sebuah pekerjaan yang kita geluti, jika kita kerjakan dengan sungguh-sungguh akan memberi nilai kepada diri kita sendiri”

“Berbangga dan berbahagialah dengan apa yang sudah diraih hari ini, walaupun memang pencapaiannya belum memuaskan, jangan pernah merasa menyesal dan apalagi menginginkan kembali ke masa silam yang sudah terkubur dalam-dalam.”

“Anggaplah semua itu hanya sebuah lukisan usang yang di gantung di dinding ruang belakang

apa yang kita impikan hari kemarin adalah akan kita jalani hari ini, dan apa yang kita harapkan hari ini adalah akan menjadi kenyataan di hari esok yang akan datang”

“Sikap kita jauh lebih penting daripada penampilan, karunia, atau keahlian yang kita miliki. Dan hal yang paling menakjubkan adalah kita memiliki banyak pilihan untuk menghasilkan sikap yang kita miliki pada hari ini”

“Jika hari ini kita mendapatkan masalah, bersyukurlah! karena masalah adalah Rintangan yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan mental (Purposeful Roadblocks Offering Beneficial Lessons (to) Enhance Mental Strength = PROBLEMS). Kekuatan dari dalam diri bisa keluar dari perjuangan dan rintangan, bukan dari berleha-leha”

“Jalan yang paling pendek diantara dua titik adalah sebuah garis lurus. Secara naluri kita tahu pernyataan ini benar, tetapi tindakan yang sering kita lakukan biasanya merupakan garis yang sangat melengkung, atau kalau kita bisa membuat suatu garis yang lurus tetapi dengan arah yang salah”

“Satu satunya cara untuk memperoleh kebahagiaan adalah jangan pernah menuntut untuk mendapatkan kebahagiaan dari orang lain, tetapi mulailah mencoba untuk membahagiakan orang lain setulus-tulusnya maka kita akan turut merasakan kebahagiaan itu bersamanya”

“Anak bebek akan bertingkah seperti ayam saat menganggap dirinya ayam. Sebaliknya anak bebek bertingkah laku sebagai mana bebek lainnya saat dia sadar kalau dia itu bebek. Fenomena ini juga berlaku pada manusia, dia akan bertingkah sesuai dengan anggapan pada dirinya sendiri.”

“Kalau kita mengerjakan sesuatu lebih daripada yang dibayarkan, akhirnya kita akan dibayar lebih daripada apa yang telah kita kerjakan”

“Memperbaiki diri sendiri adalah alat ampuh untuk memperbaiki orang lain belajar untuk memperbaiki diri sendiri tanpa bantuan orang lain, itu lebih penting daripada selalu menggantungkan semuanya pada orang lain”

“Tetesan2 air dapat membentuk sebuah sungai, kumpulan butiran beras bisa memenuhi sebuah lumbung. Jangan meremehkan hati nurani sendiri, jangan pernah berpikir untuk tidak melakukannya walau perbuatan itu sangat kecil adanya”

“Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan”

“Bila anda seorang akademisi yang memiliki banyak ilmu dan pengetahuan, barengilah dengan nilai kearifan, karena pengetahuan hanya bisa melihat sesuatu yang baik dan buruk saja, sedangkan kearifan dapat merangkul kebaikan sekaligus menyingkirkan keburukan itu sendiri”

“Ikutilah irama kehidupan, nikmati segala yang terjadi, lalu jalani dengan satu keyakinan dan tekad yang bulat, sampai suatu saat dimana semuanya akan sesuai dengan apa yang kita inginkan”

“Hidup ini adalah sebuah jalan cerita maka anggap saja segala jalan ceritamu benar walaupun dirimu seorang manusia yang tak sempurna, karena kita adalah sebuah proses bagaimana cara memproses hidup ini agar jauh lebih berarti, kemudian jadilah dirimu sendiri jangan jadikan dirimu sebagai boneka orang lain”

“Orang yang sulit untuk melupakan masa lalunya kemungkinannya ada dua, bisa saja anda orang yang sangat romantis, atau mungkin anda seorang yang pendendam?”

“Kalau kita ingin merasa bahagia yang sebenar-benarnya, alangkah baiknya kita membahagiakan orang lain terlebih dahulu, dimulai dari orang-orang terdekat kita”

“Setetes embun tak melekat pada selehai daun teratai, setangkai bunga teratai tak tersentuh oleh air. Orang bijaksana tak melekat pada apa pun, tidak pada yang terlihat, terdengar ataupun terasa. Jadilah orang bijak agar engkau tak terpengaruh oleh golongan manapun”

“Tersenyumlah walau hatimu trasa pahit, dn rasakanlah perlahan2 kepahitanmu akan tergantikn oleh rasa manis yg tiada tara”

“Mulailah membagi waktumu untuk orang yang selalu ada di sekelilingmu, karena merekalah orang yang sebenar-benarnya menyayangimu dan mengasihimu sepenuh hati”

“Usahakan untuk tetap berada dalam jalur kehidupan yang benar menurut azasi hati. Bukan berdasarkan ke-egoan semu yang dapat menjatuhkan harga diri bangsa yang hakiki dengan berbuat anarki yang tak terpuji”

“Kehidupan ini ibaratnya sebuah proyek yang Anda kerjakan sendiri. Dan Kehidupan hari esok adalah merupakan hasil dari sikap dan pilihan yang Anda buat hari ini. Jadi jalani hari ini dengan segala kemungkinan dan kemampuan terbaik yang Anda miliki, maka besok Anda tidak akan merasa menyesal karena Anda telah memberikan semua yang terbaik yang pernah Anda miliki”

“Setiap orang menjadikan kita pusat perhatian, ini adalah potensi diri yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya

Segala kesulitan yang datang adalah sesungguhnya merupakan suatu kesempatan bagi jiwa kita untu Bila anda seorang akademisi yang memiliki banyak ilmu dan pengetahuan, barengilah dengan nilai kearifan, karena pengetahuan hanya bisa melihat sesuatu yang baik dan buruk saja, sedangkan kearifan dapat merangkul kebaikan sekaligus menyingkirkan keburukan itu sendiri”
Comments
1 Comments

1 comments:

Artikel Lain :