Renungan Pernikahan

oleh Renungan Kisah Inspiratif Muslimah pada 18 September 2010 jam 14:42
 
Tidak ada yang salah manakala seorang muslimah merindukan cinta dan kasih sayang dari seseorang yang diharapkan akan menjadi pendamping hidupnya. Setiap insan termasuk seorang muslimah pun berhak dan lumrah untuk merasakan kerinduan semacam itu. Meskipun tak terungkap secara lisan, penantian dan impian untuk menggapai sebuah mahligai pernikahan adalah puncak gelisah dan kerinduan yang merupakan salah satu bentuk ujian seorang gadis muslim.

Ibarat sekuntum bunga yang sedang mekar atau bahkan telah mekar dan matang dalam waktu yang sudah cukup lama, adanya kecenderungan untuk disentuh oleh si kumbang jantan yang menawan dan memberikan sari madunya adalah adalah salah satu fitrah yang lumrah dirasakan oleh dirasakan oleh seorang gadis. Sayangnya, saat ini banyak sekali dan semakin banyak kumbang-kumbang jantan yang hanya mengobral rayuan gombal, kata-kata picisan, hanya menggoda, bahkan hanya ingin menghisap sari madu dari sang gadis saja, setelah dapat ia terbang dan menghilang entah kemana. Sedikit sekali kumbang-kumbang jantan yang bersedia berjuang untuk membawa sang gadis dengan jalan yang diridhoi oleh Allah swt, yaitu sebuah jalan pernikahan.

Pernikahan merupakan sebuah ikatan suci, maka sudah sepatutnyalah setiap langkah untuk mencapainya pun harus dilakukan dengan cara yang suci. Manakala seorang gadis telah merasakan kerinduan akan seorang pendamping hidup, artinya secara sadar maupun tidak ia telah melangkahkan kakinya pada salah satu jalan yang akan menghantarkan pikiran dan hatinya pada sebuah mahligai pernikahan. Untuk itu, hendaknya ia senantiasa berjaga dengan kuat dan berhati-hati dalam setiap langkah. Jangan sampai ada noda yang tercecer dan mengotori jalan yang suci ini hingga tiba saat yang dinanti-nanti, yaitu ketika Allah meridhoi dan mewujudkan sebuah pernikahan indah dan suci yang selama ini didambakan.
Memang, penantian tidaklah membutuhkan tenaga yang ekstra besar. Namun, sebagian besar manusia pun mengakui bahwa penantian adalah  salah satu pekerjaan yang sangat melelahkan. Terlebih lagi penantian untuk sebuah pernikahan, ini merupakan sebuah penantian besar yang sangat melelahkan. Karena, dalam penantian inilah syaithon-syaithon dalam bentuk nafsu dan syahwat senantiasa menghampiri. Manakala seorang gadis tengah berada dalam lelahnya sebuah penantian, maka pada saat itulah syaithon-syaithon sedang menatapnya sebagai sebuah sarapan pagi yang lezat dan siap untuk disantap. Oleh karena itu, seorang muslimah hendaknya benar-benar mengerti hal-hal yang sebaiknya ia lakukan dalam masa penantiannya. Dengan demikian, penantiannya untuk sebuah pernikahan yang indah dan suci tidak akan sia-sia, dan Allah akan memberikannya seorang pendamping Robbani dalam pernikahan yang telah menjadi impian.

Pernikahan adalah awal dari sebuah kehidupan dan perjalanan hidup yang baru. Idealnya, perjalanan panjang hendaknya disertai dengan bekal yang benar dan cukup. Demikian pula dengan pernikahan, membutuhkan bekal yang tidak sedikit dan sembarangan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang sepatutnya dilakukan dan diistiqomahkan oleh seorang muslimah dalam penantiannya untuk menuju sebuah pernikahan yang diridhoi oleh Allah swt. Langkah-langkah inilah yang insya Allah akan menjadi bekal untuk berlayar di atas lautan dan gelombang kehidupan dengan ombak dan badai yang selalu mengintai. Langkah-langkah inilah yang akan menjadi kompas dan bahan bakar untuk perahu pernikahan.

1.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah
Menantikan seorang lelaki sholih yang akan meminang dan menyandingnya dalam sakralnya pernikahan memang akan memancing datangnya berbagai bentuk godaan. Untuk itulah, seorang muslimah hendaknya terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya (baik ibadah fardhu maupun sunnah) untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Insya Allah, dengan peningkatan ibadah ini Allah akan memberikan kekuatan dan pertolongannya untuk menghadapi godaan-godaan yang mencoba untuk menggoyahkan dan memikatnya.

2.    Istiqomah dalam doa dan tawakal
Sesungguhnya, segala sesuatu yang terjadi maupun yang tidak terjadi adalah hanya atas kehendak Allah swt semata. Rizki, maut, dan juga jodoh, itu semua berada dalam genggaman Allah swt, tidak akan ada yang mampu merubahnya kecuali Dia. Dan sebagai manusia, yang diwajibkan hanyalah berusaha dan berdoa dengan sebaik-baiknya. Kemudian bertakwakallah kepada-Nya, serahkan dan percayakan segala keputusan final hanya kepada-Nya. Janganlah pesimis dan berburuk sangka kepada Allah, karena Allah akan mengikuti persangkaan hamba-Nya.
“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqoroh: 153)
Istiqomahlah dalam berdoa agar diberikan pendamping hidup yang sholeh, dan dikaruniakan sebuah pernikahan yang barokah sehingga membawa kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Yakinlah bahwa Allah lebih mengerti apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Dan yakinlah, bahwa Allah hanya akan memberikan yang terbaik kepada hamba-Nya.

3.    Mempersiapkan diri
Meskipun dinanti-nanti, namun pernikahan bukanlah hal sepele yang dapat dicapai dan dijalani dengan sembarangan atau asal mau saja. Ketika seorang wanita telah memasuki pintu pernikahan, maka secara otomatis kewajibannya pun telah bertambah (demikian pula halnya dengan laki-laki). Maka dari itu, hendaknya seorang muslimah senantiasa mempersiapkan dirinya sebelum seorang pangerang yang diutus oleh Allah swt datang untuk menjemput dan membawanya menuju istana pernikahan yang sakral.

Teruslah membekali diri dengan ilmu, khususnya ilmu agama, dan terutama ilmu agama yang berkaitan dengan masalah kerumah tanggaan. Selain itu, seorang muslimah juga harus membekali dirinya dengan keterampilan berumah tangga. Dan bekal yang terakhir adalah mempersiapkan diri untuk menjadi seorang isteri sholihah yang taat dan senantiasa menyenangkan hati suami.

Saudariku, pernikahan adalah dambaan bagi setiap insan, tidak terkecuali seorang muslimah. Dan menunggu pangeran sholih yang akan menjemputnya menuju mahligai pernikahan yang sakral, bukanlah perjuangan yang ringan. Gelisah, gundah, tanda tanya, harap, cemas, semua membaur menjadi satu. Namun, sekali lagi pernikahan bukanlah ikatan yang dapat dijalin dengan “mau” saja. Untuk menuju pernikahan yang barokah, dibutuhkan bekal-bekal yang benar dan cukup. Jangan sampai kita kehabisan bahan bakar ataupun perbekalan ketikan sedang menyelami lautan pernikahan. Terlebih lagi menyelami lautan pernikahan tanpa membawa bekal, anda akan kelaparan dan kehausan. Jangan sampai anda melupakan peta dan kompas manakala hendak menjelajahi belantara pernikahan.

Saudariku, rindukanlah sebuah pernikahan sakinah, mawaddah, warrohmah. Rindukanlah seorang pendamping hidup yang akan membawa ikatan pernikahan mulia di dunia dan akhirat. Dan tidaklah sebuah pernikahan akan sakinah, mawaddah, warrohmah, melainkan dengan kita memperjuangkannya di jalan yang diridhoi oleh Allah, melainkan kita masuki pintu pernikahan tersebut dengan menyebut asma Allah. Dan tidaklah senuah pernikahan akan sakinah, mawaddah, warrohmah, kecuali kita menjalankannya dengan bekal yang cukup, dengan bekal yang benar. Allah, adalah pangkal tolak dan arah melangkah kita dalam menanti dan mengemudikan sebuah pernikahan.

Pernikahan yang barokah adalah pernikahan yang dilandasi dengan nilai-nilai iman dan takwa. Hanya pernikahan yang barokahlah yang akan memberikan kebagiaan dunia dan akhirat. Pernikahan dibawah naungan islam, pernikahan dibawah naungan Allah adalah pernikahan yang menjadi dambaan orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Tiga langkah di atas merupakan secuil ikhtiar yang jika direalisasikan dengan penuh keikhlasan, kesabaran, dan keistiqomahan, insya Allah akan menjaga diri kita dari godaan-godaan yang menerpa manakala berada disebuah jalan menuju pernikahan. Dan insya Allah akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat dalam mengaruhi bahtera pernikahan kelak.

· · Bagikan
    • April November Ass,,,
      Mohon dengan sangat, d'tagkn k'april yaaa, Terima Kasih,,,
      18 September jam 14:54 melalui Facebook Seluler · · 1 orangMemuat... ·
    • Okti Aini Aslamualaikum ..Mhon izin share y,,trims..:)
      18 September jam 14:55 · ·
    • Fafa Binti Affantie assalamu'alaikum,tlg minta d tag kan ya..makasih ;)
      18 September jam 14:57 melalui Facebook Seluler · ·
    • Margana Rojulun april@ maaf jangan menulis kata salam dg kata 'Ass' karna kata 'Ass' itu artinya KELEDAI. maaf tolong difahami.
      18 September jam 14:59 · · 2 orangMemuat... ·
    • Rahmi Diana Wati subhana4WI bgs skali ukhti..mau donk di tag
      18 September jam 14:59 melalui Facebook Seluler · ·
    • Mita Paramita mengisi penantian panjang,,
      18 September jam 15:02 melalui Facebook Seluler · ·
    • Mel Da Assalamu'alaykum....
      Ka' mohon Di Tag ya...
      Makhasi sebelum Nya
      18 September jam 15:02 · ·
    • Nia Suwardi Assalamu'alaikum... mhon ditag ya... jazakillah
      18 September jam 15:04 · ·
    • Ana Aulia Aulia Subhanallah, kereeen euy..
      Pasti nya bermanfaat utk semua..^_^
      18 September jam 15:08 · ·
    • T Annisa Nur Kholida subhanallah,, jika berkenan minta ditag ya.. ^^
      18 September jam 15:10 · ·
    • Akhmad Arofaty
      Semua adalah milik ALLAH,rizki,mati dan juga jodoh semua sudah ditentuakan oleh ALLAH,tapi ingat ALLAH maha mendengar maha mengabulkan,tetep do'a dan ikhtiar karena ALLAH tidak akan merubah nasib suatu kaum bila kaum itu tidak berusaha meng...ubahnya..da jelaskan...

      Jadi ketika rasa itu tiba,kembalikan pada ALLAH,tanyakan dan selalu libatkan ALLAH di awal,tengah dan di akhir proses,agar rahmat dan ridhonya ALLAH selalu mengiringi kita....
      semoga ALLAH paring manfaat,lancar lan barokah,,,
      Amiiin....
      Lihat Selengkapnya
      18 September jam 15:18 · ·
    • Fitriani Amir Ijin share ya,terima kasih.
      18 September jam 15:19 · ·
    • Anas Yustiawan mohon d tag.. ^_^
      18 September jam 15:46 melalui Facebook Seluler · ·
    • Yuli Tewe mohon d tag donk... ^0^
      18 September jam 15:55 · ·
    • Vera Agustian Dewi izin copas...thanks
      18 September jam 16:12 · ·
    • Soraya Dyie 太陽 insya allah berkah Allah akan selalu diberikan pada kita,,, amin,,, :)
      18 September jam 16:14 · ·
    • Fitria Nur Arifah Subhanalloh..sebuah penantian yang insya Alloh barokah ^_^
      18 September jam 16:20 · ·
    • Yuning 'yuyun' Subekti smoga Alloh memberikan jodoh yg sholeh, bs menjadi imam, pembimbing, agar lbh dkt kpdMu y Alloh...amien
      18 September jam 16:30 melalui Facebook Seluler · ·
    • Apri Yuliana Andriani mohon di tag ke saya...
      ^_^
      18 September jam 16:30 · ·
    • Ntien Zahro ijin share...yaa..!! sukron,,,
      18 September jam 16:35 · ·
    • Nur Laila ‎^_^
      18 September jam 16:42 · ·
    • Cici Ajja like
      18 September jam 16:55 melalui Facebook Seluler · ·
    • Shofie 'As Syifa Assalamu'alaikum..izin share yaa
      18 September jam 17:06 melalui Facebook Seluler · ·
    • Maya Audi Ya Alloh...aq rindu hadirnya kekasih impian pilihan-Mu...
      mudahkanlah jalanku u/ mencapai surga-Mu bersamanya..
      18 September jam 17:16 · ·
    • Eneng Siti Sondari Insya Allah bermanfaat... Terima kasih ^^
      18 September jam 18:09 melalui Facebook Seluler · ·
    • Iskhan Zizou Kalau memang kau pilihkn aku..Tunggu sampai aku dtg...Nanti ku bawa kau pergi..Ke syurga abadi.. :-)
      18 September jam 18:51 · ·
    • Windriaty Indri Amin Ya Allah..
      Amin.. Amin.. Amin.. Ya Rabal Alamin..
      18 September jam 19:26 · ·
    • Ana Dara Aceh mnta ditag donk...
      18 September jam 19:28 melalui Facebook Seluler · ·
    • Winny Pohan amiin...mg Allah meridhoi ikhtiar ini
      18 September jam 19:35 · ·
    • Soffi Dyan amiiin..
      ijin share ya
      18 September jam 19:37 · ·
    • Windriaty Indri Amin Ya Allah..
      Amin.. Amin.. Amin.. Ya Rabal Alamin..
      18 September jam 19:49 · ·
    • Ahmad Syukron Insya alloh
      18 September jam 19:54 melalui Facebook Seluler · ·
    • Ahmad Syukron Allohuakbar
      18 September jam 19:58 melalui Facebook Seluler · ·
    • Isroin I'in Subhanallah.....
      18 September jam 20:16 melalui Facebook Seluler · ·
    • Heny Sidik AlthaFunnisa izin share ya..thanks.
      18 September jam 20:20 · ·
    • Yenny Sulistyowati Makasih..sangat membantu..ijin share ya..
      18 September jam 20:33 melalui Facebook Seluler · ·
    • Icol Cood Gemesin Dech ijin share x dunk... thnks.
      18 September jam 20:58 · ·
    • Heti Sutanti Mohon ditag ya.. terimakasih..
      18 September jam 21:21 · · ·
    • Cinde Mustika subhanallah,, mohon izin share ya,thx
      18 September jam 21:47 · · ·
    • Sisca Chika Kuroo mengapa selalu mengingatnya ketika membaca catatan yang seperti ini..
      18 September jam 21:59 · · ·
    • Nurul Lbunda Nabil ijin share ya
      18 September jam 22:01 · · ·
    • Syahla'hang Loose' Nastitie subhanallah...
      aku harus sering2 baca ney...
      biar terarah hati aku..
      makasih ya.. wat yang ud nulis...
      18 September jam 22:34 · · ·
    • Najma Aulia Subhanallah...
      ijin share ya...terima kasih.
      pasti bermanfaat bagi teman2 fb...^__^
      18 September jam 23:03 · · ·
    • Ally Mukti Subhanalloh...mhn di tag ya.mksi
      18 September jam 23:07 melalui Facebook Seluler · · ·
    • MielyahFa CahyaNda AisyaHfa Emmm.. di Note ini, Ana ndak dTag iaa??? ;(
      18 September jam 23:37 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Eni Agustini Subhanallah...Klo boleh..mohon di tag ya...makasih.
      Minggu pukul 0:40 · · ·
    • Dewi Rakhmawati Subhanallah..
      Semoga bs menerapkanny dgn sBaik2ny. Aamiin3x..
      Minggu pukul 4:57 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Hasni Natalia Subhanall0h..q iktn dtag jg..
      Minggu pukul 5:08 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Ira Ayu Fidada Subhanallah. . . . Sm0ga brmnfaat. . . .
      Minggu pukul 6:28 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Mohamad Chandra Setiawan subhanallah...
      Minggu pukul 7:17 · · ·
    • Cahyadi Gunawan ijin copas bu...
      Minggu pukul 8:21 · · ·
    • Mba Ari Subhanallah....
      tolong di tag y, makasih....
      Minggu pukul 11:00 · · ·
    • Mia Smile Assalamu alaikum, mhon di tag, trimakasih...
      Minggu pukul 11:31 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Novi Anita Terimakasih .. Mohon Tag yaa...
      Minggu pukul 13:01 · · ·
    • Ismi Yusraeni Terima kasih.. ijin share ya ukhti
      Minggu pukul 13:36 · · ·
    • DwiFitriana Aziezie izin share
      jazakillah
      Minggu pukul 15:07 · · ·
    • Meliyana Yulianti Alhamdulillah..bertambah lagi pengetahuan saya. Mohon ditag ya, ini sangat bermanfaat skali untuk qt semua.
      Minggu pukul 15:39 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Irma Lani Wibowo izin share ya.thks b4..♥
      Minggu pukul 15:44 · · ·
    • WìtHä Jùwìtå Sari subhanallah.....
      Minggu pukul 17:13 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Iyank Fazriyah ijin share ya..syukron.
      Minggu pukul 19:01 · · ·
    • Dyah Ayu Citrawati ukhti tag aq dunk,, thanks
      Minggu pukul 19:37 · · ·
    • Mohamad Mahrus Ya Allah!
      Minggu pukul 20:38 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Gusti Indah Puspita Sari mnt tag yaa,, makasih..
      Minggu pukul 20:56 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Fitri Ap Goog job.... Like this unlimited, x=~
      Minggu pukul 20:57 · · ·
    • Ayu Seprina Rahayu ‎+ilmu+ikhlas
      Minggu pukul 21:04 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Fitriana Ratnasari Subhanallah.. ijin share ya...
      Minggu pukul 21:04 · · ·
    • Dinar Rivanty Subhanallah,, tlg di tag dunkz, trm ksh..
      Minggu pukul 21:08 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Oq Endah Assalamualaikum ukhti.. Trimakasih ats ilmunya, ijin share ya!
      Minggu pukul 21:12 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Erni Airan Mohon d tag y syukron
      Minggu pukul 21:21 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Risma Aprilianti Like this
      Minggu pukul 22:01 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Isma D Caya Subahanallah.... Izin share.
      Minggu pukul 22:59 · · ·
    • Sari Maulidia Insya allah..
      Amiin...
      Senin pukul 2:14 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Suwi Ningsih Izin share ya..syukron..
      Senin pukul 7:49 · · ·
    • Eka Arnis Sri Lestari meski sedikit usaha,aku tetap berharap mendapatkan laki-laki yg mjdi impian para muslimah. Amin
      Senin pukul 10:28 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Eka Hasanah أحب الله subhanallah,,
      Senin pukul 14:49 melalui Facebook Seluler · · ·
    • SyaZa WLn ZhaRifah Tag saya ya.
      Senin pukul 15:34 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Rinie Sakiyo Mohon di tag...makasih
      Senin pukul 20:08 melalui Facebook Seluler · · ·
    • Nita Widie Assalamualaikum ukhti.....jika tidak merepotkan mohon setiap note dapat ditag ke ana.....syukron kathsiron....
      Senin pukul 22:10 · · ·
    • Arba Jun ijin share....:)
      Senin pukul 23:50 · · ·
    • Nunung Nurjanah izin share ya, syukron katsir.....
      19 jam yang lalu · · ·
    • Cifani Maniezt Subhnallah..good note
      18 jam yang lalu melalui Facebook Seluler · · ·
    • Faria Ulfa izin share
      tingkyu
      17 jam yang lalu · · ·
    • MeRry Yanie ijin share ya bu....mksh
      10 jam yang lalu · · ·
    • Zpao Fares Al-farrabi Amin......
      3 jam yang lalu melalui Facebook Seluler · · ·
    • Tri Dewi Oktika Subhanallah.. minta tolong di tag untuk ana ya.. please.
      2 jam yang lalu · · ·
    • Ranti Ariyani Subhanallah.. Semoga ak bisa selalu ikhtiar dan istiqomah,stlh usaha yg tlh ak lakukan.. Krn allah tdk akn merubh nasib suatu kaum,kalo bkn it yg merubahnya.. Semoga allah mengabulkan doaku dan mendatangkan "dia" utk membawaku ke hub yg halal.. Amien ya rabb
      sekitar sejam yang lalu melalui Facebook Seluler · · ·
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lain :